Hal yang paling penting dalam menjaga keindahan dan kesehatan kulit bagi setiap orang adalah melakukan perawatan rutin. Memang dalam melakukan rutinitas perawatan kulit, setiap orang memiliki keyakinan yang berbeda-beda. Ada sebagain orang yang lebih senang melakukan perawatan dengan pergi ke salon. Sedang yang lainnya lebih suka melakukan perawatan rutin sendiri, dengan produk perawatan kulit pilihan masing-masing.

Jika berhubungan dengan perawatan pribadi, pasti setiap orang punya produk kepercayaan sendiri-sendiri. Namun berbeda dengan pemikiran kebanyakan orang, bahwa semakin mahal sebuah produk maka semakin bagus untuk kulit. Sebenarnya, akan lebih baik jika Anda memilih produk dengan mempertimbangkan keuntungan yang didapat bagi kulit.

Langkah pertama untuk menentukan rutinitas perawatan kulit, Anda harus mengetahui jenis kulit Anda terlebih dahulu. Tentukan apakah kulit Anda berjenis, kering, sensitif, normal atau berminyak. Mengetahui jenis kulit adalah langkah penting untuk memulai rutinitas, karena jika membeli produk yang tak sesuai maka tak akan memberi manfaat, bahkan mungkin malah jadi ‘bencana’. Pada dasarnya, untuk mendapat hasil yang bagus, semua produk perawatan kulit harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Misalnya jenis kulit Anda normal, produk-produk yang perlu Anda pilih adalah untuk yang berjenis kulit normal.

Sedang yang paling utama dan penting dalam perawatan kulit adalah pembersihan. Menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin untuk kulit dapat menyebabkan kerusakan, jadi selama melakukan pembersihan pastikan Anda menggunakan air hangat. Ada tiga komponen dasar pembersih yang disebut wetting agents, itu adalah minyak khusus, air dan surfactants. Minyak dan surfactants membantu mengangkat kotoran sedang air berfungsi untuk membasuh kotoran. Alangkah baiknya dalam hal ini, Anda meluangkan waktu untuk memilih pembersih yang bekerja baik pada zat kimia dalam tubuh Anda.

Langkah kedua mengangkat sel-sel kulit mati dengan peeling. Mengangkat sel kulit mati bermanfaat dalam membantu proses pegantian sel-sel secara alamiah. Bagi Anda yang berjenis kulit normal dan berminyak disetidaknya perlu empat sampai lima kali dalam seminggu melakukan peeling. Sedang untuk yang berkulit sensitif atau kering hanya butuh satu atau dua kali dalam seminggu.

Setelah mandi, sewatu kulit masih dalam keadaan basah Anda perlu mengoleskan pelambab ada kulit. Tak peduli apapun jenis kulit Anda, pelembab merupakan hal penting untuk perawatan, meskipun itu untuk jenis kulit berminyak. Pelembab berperan penting dalam menarik lelembaban dari lingkungan ke kulit Anda dan menahannya di kulit. Namun, terlalu banyak menggunakan pelembab juga dapat merusak kulit.

Langkah terakhir dalam rutinitas perawaan kulit adalah menggunkan tabir surya. Salah satu pilihan yang dapat Anda ambil adalah menemukan pelembab atau lotion yang memiliki kandungan SPF atau UV protection, jadi Anda mendapat dua keutungan sekaligus lewat satu produk.

Alangkah baiknya melakukan uji coba terlebih dahulu untuk menemukan produk perawatan kulit yang paling sesuai, sebelum Anda memutuskan sebuah produk itu bagus atau tidak. Masalahnya, tak semua produk perawatan kulit akan sesuai dengan setiap orang, jadi Anda belum bisa menetapkan sebuah produk itu bagus sebelum Anda membuktikannya pada kulit Anda.
Itulah beberapa panduan yang kami sajikan untuk mendapat kulit sehat dan terawat. Ada orang-orang yang pada dasarnya sudah memiliki kulit bagus, namun dengan lingkungan kita saat ini, asap dan polusi yang makin menjadi-jadi, perawatan mutlak dibutuhkan untuk mendapat kulit sehat dan indah. Tapi, jika Anda memiliki masalah kulit, alangkah baiknya mengunjungi dokter kulit dan mendapat saran dari ahlinya.