Tanaman Jarak ( Ricinus Communis linn.)
( Berkhasiat Mengobati : Sulit Buang Air Besar, kanker mulut rahim dan kulit, sulit melahirkan dan retensi placenta/ari-ari, reumatik, tetanus, epilepsy, bronchitis anak, TBC Kelenjar, Schizophrenia )

Uraian Tanaman :
Tanaman Jarak tumbuh liar dihutan, di tanah-tanah kosong, di sepanjang pantai, dan banyak ditanam sebagai komoditi perkebunan. Bisa tumbuh diareal yang kurang subur sekalipun, asal PH tanahnya 6 – 7 dan drainase airnya baik, karena tanaman jarak akarnya tidak tahan terhadap genangan air. Tanaman jarak merupakan perdu tegak yang tingginya bisa mencapai 2 – 3 meter, tumbuhan jenis menahun dengan batang yang licin dan bulat, berongga, dan berbuku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Tanaman Jarak daunnya tunggal, letaknya berseling, dan bercabang menjari 7 – 9, ujung daunnya runcing dengan tepi bergerigi, dan diameter daun sekitar 10 – 40 cm. Tangkai daun panjang berwarna merah tengguli. Bunganya majemuk berwarna kuning oranye dan berkelamin satu. Buah Jarak berbentuk bulat berkumpul dalam satu tandan dengan 3 ruangan yang disetiap ruang berisi 1 biji. Buah jarak berduri lunak dan berwarna hijau muda dengan rambut merah.

Khasiat Tanaman Jarak untuk Farmasi :
1. Biji Tanaman Jarak : Banyak dipergunakan untuk mengobati sulit buang air besar ( Constipation ), mengobati Kanker mulut rahim dan kulit ( Carsinova of Cervix and Skin ), Visceroptosis, Gastroptosis, sulit melahirkan dan retensi placenta/ari-ari ( Difficult Labor and Recention of Placenta ), Kelumpuhan pada otot muka ( Facial Nerve Paralysis ), TBC kelenjar, Bisul, Koreng, Scabies, Infeksi Jamur dan bengkak ( Edema). Biji Jarak sangat beracun, dan racunnya hanya akan hilang dengan cara merebusnya selama 2 jam pada suhu 100 derajat celsius, selama 20 menit.
2. Daun Tanaman Jarak : Bisa untuk mengobati penyakit Koreng, Eksim, Gatal-gatal, Batuk, Sesak Napas / Asma dan Hernia.
3. Akar Tanaman Jarak : Dipergunakan untuk mengobati penyakit Rheumatik, Tetanus, Epilepsi, Bronchitis Anak, TBC Kelenjar, Schizoprenia.
4. Minyak Tanaman Jarak : Dipergunakan untuk mengobati Constipasi, Koreng dan Luka Bakar. Minyak tanaman jarak juga sekarang bisa diolah dan dipergunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor dan menyalakan api / Lampu.
Demikian berbagai khasiat yang bisa diperoleh dari tanaman jarak, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.