Dukungan terhadap Palestina kembali datang dari Turki. Kali ini dari seorang pemain sepakbola Turki, Ibrahim Dagasan, pemain tengah klub sepakbola Sivasspor.

Dagasan menancapkan bendera Palestina di tengah lapangan sepakbola di stadion olahraga Kota Sivas, Turki Tengah, setelah timnya berhasil mengalahkan tim Galatasaray dalam babak perempat final kejuaraan Turkey Cup.

Setelah Dagasan menancapkan bendera Palestina di tengah lapangan, para penonton langsung berteriak “Damn Israel!”. Mendengar teriakan itu, Dagasan meletakkan jarinya ke mulut, memberi tanda agar penonton diam.Di tim Dagasan sendiri, ada seorang pemain asal Israel bernama Pini Balili.

Sebelumnya, Turki menjadi perhatian dunia setelah perdana menterinya Recep Tayyeb Erdogan melakukan aksi walk-out dalam forum Davos, saat berdebat sengit dengan Presiden Israel Shimon Peres terkait agresi Israel ke Jalur Gaza. Dalam insiden itu, Erdogan menyebut Peres sebagai “pembunuh”.

Insiden itu membuat Menlu Israel Tzipi Livni bereaksi dan menyerukan agar Ankara (ibukota Turki) menghormati Israel. “Kami menjalin hubungan strategis yang penting dengan Turki. Itulah sebabnya saya berharap Turki menunjukkan sikap saling menghormati pada Israel, meski banyak aksi-aksi unjuk rasa di jalan dan pencitraan Israel yang buruk soal Gaza,” ujar Livni pada radio Israel.