Bermain di stadion Giuseppe Meazza, Selasa (20/4) malam waktu setempat, Barca tampil menyerang sejak awal pertandingan. Sementara tim tuan rumah lebih banyak bertahan dan menunggu celah untuk melakukan serangan balik.

Taktik yang dirancang Jose Mourinho sempat dipertanyakan saat tim tamu berhasil unggul lebih dulu melalui Pedro di menit ke-19. Setelah gol itu terjadi, Inter mulai meningkatkan tempo permainan dan beberapa kali membuat peluang.

Namun beberapa peluang yang diperoleh Diego Milito dan Samuel Eto’o belum mampu membuahkan gol. Inter kemudian berhasil menyamakan skor lewat tendangan Sneijder di menit ke-29. Pemain asal Belanda itu berada dalam posisi cukup bebas karena Barca terlalu berkonsentrasi mengawal Milito dan Eto’o.

Di awal babak kedua, Inter mencoba tampil agresif. Hasilnya, mereka mencetak gol di menit ke-48. Pergerakan cepat Milito dari sisi kanan kembali menarik beberapa pemain Barca, kemudian pemain asal Argentina itu memberi umpan pendek pada Maicon yang menceploskan bola ke gawang Victor Valdes
Gol itu membuat pemain Inter makin bersemangat. Barca yang terlalu fokus pada penyerangan, harus membayar mahal dengan gol ketiga yang dicetak Le Beneamata. Berawal dari sebuah serangan balik, Milito melengkapi kemenangan timnya dengan membuat gol melalui sundulan di menit ke-61.

Barca berusaha membalas dan kembali tampil menyerang. Meskipun lebih menguasai pertandingan, namun mereka gagal menambah gol. Kiper Julio Cesar tampil gemilang dengan menahan tendangan Messi, Pedro dan Pique.

Pertandingan berlangsung cukup keras dan wasit harus mengeluarkan lima kartu kuning untuk pemain Barca dan dua untuk Inter. Taktik Mourinho untuk ‘merusak’ permainan indah Inter membuahkan hasil. Sampai pertandingan berakhir, skor tetap 3-1 untuk kemenangan Inter.

Susunan pemain
Inter:
Julio Cesar; Samuel, Lucio, J. Zanetti, Maicon/Chivu (73), Cambiasso, Thiago, D. Milito/Balotelli (75), Sneijder, Pandev/Stankovic (56), Eto’o
Cadangan: Orlandoni, Materazzi, Cordoba, Muntari

Barcelona: Valdes; Puyol, Pique, Maxwell, D.Alves, Busquets, Keita, Xavi, Pedro, Ibrahimovic/Abidal (62), Messi
Cadangan: Pinto, Marquez, Henry, G. Milito, Y. Toure, Krkic